Pemasaran Industri

MANAGEMEN PEMASARAN ERA REVOLUSI INDUSTRI
PEMASARAN INDUSTRI
Image result for logo gundar

Nama : Dina olyvia S
Kelas : 4ea17
NPM : 12216079



A. Segmentasi pasar global
     Segmentasi pasar global didefinisikan sebagai proses mengidentifikasi kelompok atau kumpulan pelanggan potensial pada tingkat nasional maupun sub nasional yang kiranya mempunyai persamaan tingkah laku dalam membeli. dapat didefiniskan juga sebagai proses membagi atau mengelompokan pasar dunia yang bersifat heterogen kedalam kelompok-kelompok pasar yang bersifat homogen berdasarkan kebutuhan yang sama.
    Segmentasi pasar global didasari oleh kriteria sebagai berikut:

  • Segmentasi Geografis
Pada segmentasi ini, pasar dibagi ke dalam beberapa bagian geografi seperti negara, wilayah, kota, dan desa. Daerah geografi yang dipandang potensial dan menguntungkan akan menjadi target operasi perusahaan.

  • Segmentasi Demografi
Pada segmentasi ini pasar dibagi menjadi kelompok-kelompok dengan dasar pembagian usia, jenis kelamin, tingkat ekonomi, dan tingkat pendidikan.

  • Segmentasi Psikografi
Segmentasi ini menelaah bagaimana konsumen dengan segmen demografi tertentu merespon suatu stikumi pemasaran.
  • Segmentasi Socialculture
Sebagai dasar lebih lanjut untuk segmentasi pasar, segmentasi sosialkultur yang memiliki variabel sosiologis (kelompok) dan antropologis (budaya) dibagi dalam segmen yang sesuai tahap pada
      - Daur hidup keluarga
      - Kelas Sosial
      - Budaya dan sub budaya
      - Lintas budaya atau segmentasi pemasaran global
  • Segmentasi tingkah laku
Segmentasi ini dikelompokkan berdasarkan pengetahuan, sikap, penggunaan, atau reaksi pembeli terhadap suatu produk.

  • Segmentasi hybrid 
Segmentasi ini dibentuk berdasarkan kombinasi beberapa variabel segmen yang membentuk sebuah segmen tunggal. sebagai contoh segmen demografis, sangat berguna untuk menemukan prospek terbaik bago seseorang pengiklan atau pemasar dalam menemukan kepribadian, tujuan, ketertarikan dan diisolasikan dimana mereka hidup.

B. MENETAPKAN SASARAN GLOBAL

     Suatu proses atau tindakan mengevaluasi dan membandingkan kelompok pasar global yang diidentifikasikan untuk kemudian dipilih berdasarkan potensi tinggi. penetapan sasaran pasar global memiliki kriteria sebagai berikut:
  • Ukuran segmen pasar dan potensi pertumbuhan
  • Kemampuan berkompetisi atau bersaing
  • Kesesuaian dan kelayakan untuk dimasuki
C. MENETAPKAN POSISI PRODUK DIPASAR GLOBAL

      Pemasaran menentukan posisi yaitu suatu proses yang dipakai oleh perusahaan untuk menetapkan suatu citra dibenak konsumen relative, terhadap citra produk yang ditawarkan oleh peaing.
  1. Pemasaran Global terstandarisasi
          Pemasaran global terstandarisasi ditujukan guna menciptakan bauran pemasaran dan memberi kesempatan yang sama pada setiap pasar potensial.

     2. Pemasaran Global Terkonsentrasi

         Pemasaran global terkonsentrasi dipusatkan terhadap sasaran pada segmen tunggal dari pasar global.

     3. Pemasaran global yang dibedakan
         Pemasaran global yang dibedakan ditujukan guna menciptakan bauran pemasaran yang berbeda atas 2 segmen pasar atau lebih.

D. PEMASARAN DINEGARA BERKEMBANG

     Kekurangan akan barang & jasa merupakan maslaah sentral dinegara-negara berkembang & kebutuhan yang paling menekan adalah memperluas produksi. pemasaran adalah disiplin yang menajdi pedoman dalam proses mengidentifikasi & memenuhi kebutuahn & keinginan masyarakat.
      Perimbangan sebelum memutuskan memasuki negara berkembang:
  • Informasi mengenai pendapatan perkapita atau Produk Nasional Bruto
  • Perimbangan secara menyeluruh pemberian bobot antara manfaat dan biaya
  • Penetapan batas waktu untuk melihat hasil
E. BAGAIMAN TEKNIK PENGAMBILAN KEPUTUSAN TERKAIT DENGAN RANTAI PASOK (SUPPLY CHAIN) DAN RANTAI NILAI (VOLVE CHAIN)

      Pemilihan produk unggulan dan alternatif pemasok dilakukan menggunakan metode perbandingan eksponensial (MPE ). MPE merupakan salah satu metode untuk menentukan urutan prioritas alternatif keputusan dengan kriteria jamak. Teknik ini digunakan sebagai model yang telah terdefinisi dengan baik pada tahapan proses.

    Beberapa metode analisis pengambilan keputusan yang dapat digunakan dalam kajian pengembangan manajemen rantai pasok komoditas dan produk pertanian antara lain adalah metode perbandingan eksponensial (MEP) untuk pemilihan komoditas unggulan. analisis deskriptif rantai pasok dengan pendekatan asian productivity organization (APO), Metode ini untuk analisis nilai tambag rantai pasok, metode data EnvelopmentAanalysis (DEA) dan Supllay chain operation reference (SCOR) serta Analytic Hierrarcy Proses (AHP) untuk analisis pengukuran kinerja manajemen rantai pasok bisnis komoditi dan produk pertanian.




REFERENSI

http://ciputrauceo.net/blog/2015/7/14/segmentasi-pasar-beserta-pengelompokan-dan-contoh
https://slideplayer.info/slide/3999897/
https://ssaengi.wordpress.com/2014/05/14/segmentasi-global-menentukan-target-dan-menentukan-posisi/
https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=4 ved=2ahUKEwjdvo_I3e_lAhUvzDgGHdsRB7QQFjADegQIAhAC&url=https%3A%2F%2Fjurnalpangan.com%2Findex.php%2Fpangan%2Farticle%2Fview%2F184%2F168&usg=AOvVaw0jMPaxQFIotEoCN6G_JCkp








Komentar

Postingan populer dari blog ini

Koperasi Simpan Pinjam Sehati Makmur Abadi

Analisa Data "Koperasi Simpan Pinjam Sehati Makmur Abadi"

tugas PKTI 1C