Konsep Pemasaran Global
Managemen Pemasaran Era Revolusi Industri
Nama: Dina Olyvia S
Kelas : 4EA17
NPM; 12216079
1. Apa yang dimaksud dengan pemasaran universal?
Jawab :
Pemasaran universal adalah kegiatan-kegiatan fungsional yang dilakukan oleh pemasar dalam kegiatan pemasarannya. Fungsi pemasaran tersebut meliputi: pembelian, penjualan, pengirimian, penyimpanan, standarisasi, dan klasifikasi, pembungkusan, penanggung resiko, pendanaan dan pengendalian informasi pemasaran (misalnya periklanan). setiap pemasar akan membutuhkan semua kegiatan tersebut, meskipun tidak semua kegiatan tersebut harus dilakukan sendiri. Organisasi lain dapat melakukan kegiatan tersebut secara independen untuk kepentingan perusahaan.
Contoh kegiatan nyata:
Misalnya pada proses standarisasi kita ambil contoh produk helm. pemerintah melakukan standarisasi helm ber-SNI sebagai standar keamanan helm di Indonesia.
2. Jelaskan Pemasaran domestik ke pemasaran global!
Jawab:
Tahap-tahap dari pemasaran domestik ke pemasaran global.
- Pemasaran Domestik
Pemasaran domestik adalah pemasaran yang secara nyata ditunjukan pada pasar dalam negeri disebut pemasaran domestik. Orientasi mereka adalah bersifat "ETHNO CENTIC", yaitu bahwa sifat pasar atau konsumen dimanapun akan sama, sehingga manajemen memandang pasar domestik padat dengan peluan yang jauh lebih aman.
- Pemasaran Ekspor
Pemasaran Ekspor adalah tahap pertama untuk menanggapi kesempatan pasar diluar negeri. pemasar ekspor menjadikan pasar diluar negeri sebagai sasaran dan menggantungkan diri pada produksi dalam negeri untuk memasok pasar ini. fokus dalam tahap ini adalah memanfaatkan produk dan pengalaman dalam negeri.
- Pemasaran Internasional
Pemasaran Internasional adalah bertindak lebih jauh lagi dari pemasaran ekspor dan menjadi lebih terlibat dalam lingkungan pemasaran dalam negar tempat perusahaan tadi melakukan bisnis.
- Pemasaran Multinasional
Pemasaran Multinasional adalah organisasi pemasaran internasional mulai dngan memfokuskan pada memanfaatkan pengalaman dan produk perusahaan.
- Pemasaran Global/ Transnasional
Pemasaran global adalah menfikuskan pada pemanfaatkan asset, pengalaman dan produk perusahaan secara global dan pada melakukan penyesuaian pada apa yang benar benar unik daan berbeda dalam setiap negara. konsep ini mengakui budaya universal dan perbedaan pasar yang unik.
Strategi memasuki pasar global:
- Melakukan Ekspor-Impor
- Membuka kantor perwakilan atau cabang
- Mengeluarkan lisensi asing/kontrak manufaktur dan alih teknologi
- Melakukan Franchising
- Membuka usaha patungan atau Joint Venture
- Melakukan akuisisi perusahaan lain.
3. sebutkan kegiatan yang mendorong dan menghambat kegiatan pemasar global!
Jawab:
Adapun faktor yang mendorong pemasaran global adalah sbb:
- Teknologi
Teknologi merupakan sarana untuk menyediakan barang yang diperlukan bagi kenyamanan dan kelangsungan hidup manusia. penggunaan teknologi oleh manusia diawali dengan pengubahan sumber daya alam menjadi alat alat sederhana. teknologi merupakan salah satu faktor yang universal. tidak terbatas negara dan budaya. ketika suatu teknologi dikembangkan, maka produk yang dikeluarkan oleh perusahaan tersebut akan segera tersedia diseluruh dunia. Contoh dari teknologi yang menimbulkan pemasaran global yang sebenarnya adalah: Teknologi informasi dan komunikasi seperti internet, tayangan tv, dan jaringan.
- Perjanjian ekonomi regional
Banyak nya perjanjian perdagangan multilateral (perjanjian perdagangan negara-negara besar) telah mem-percepat langkah-langkah integrasi global. contohnya NAFTA, GAAT dan MEA.
- Kebutuhan dan Ekonomi pasar
Kebutuhan ekonomi pasar dapat didorong dengan mengetahui kebutuhan pasar yang dilayani. kebutuhan pasar yang sama dapat dipertemukan dengan pendekatan global. contohnya kebutuhan makan dan kebutuhan minum.
- Perbaikan transportasi dan komunikasi
Dengan adanya produk transportasi dan komunikasi dapat menghilangkan penghalang waktu dan biaya yang dihubungkan oleh jarak dan juga meringankan untuk berpegian dan pengiriman barang antar negara.
- Biaya pengembangan produk
Biaya pengembangan produk merupakan dorongan untuk memasuki padar global yang membutuhkan investasi ataupun suntikan dana yang sangat besar dan jangka waktu perkembangan produkyang lama, misalnya industri farmasi.
- Kualitas
Kualitas merupakan slah satu persaingan global yang memaksa perusahaan untuk memperbaiki kualitasnya. ketika perusahan global melakukan bencmak dalam hal kualitas, pesaing harus cepat-cepat melakukan perbaikan produk yang dikeluarkan.
- Perumbuhan ekonomi dunia
Daya tuas merupakan beberapa tipe keuntungan yang dinikmati seluruh perusahaan berdasarkan fakta bahwa perusahaan tersebut memimpin bisnis lebih dri satu negara.
- Korporasi global dan transnasional
Adanya perusahaan global yang telah siap dan membuktikan keberhasilan dipasar global, dan memanfaatkan dengan tepat berkembangnya teknologi, komunikasi dan transportasi.
4. Sebutkan kekuatan yang menjadi dasar bisnis internasional!
Jawab:
- Pemanfaatn pengetahuan dan teknologi
Jika suatu negara mengandalkan dan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang baik, tentu akan memperbanyak jumlah produksi barang atau jasa dengan mutu dan kualitas jauh lebih baik dibandingkan negara lainnya. Negara yang memanfaatkan pengetahuan dan teknologi pastinya akan memiliki sistem dan mesin produksi berteknologi canggih dalam memproduksi barang atau jasa dalam jumlah besar dengan waktu yang singkat. tentu hal ini akan menghemat biaya produksi dan juga efesiensi waktu.
- Ketersediaan Sumber Daya Alam yang berbeda
Faktor pendorong terjadinya perdagangan internasional selanjutnya adalah adanya perbedaan kekayaan sumber daya alam. setiap negara pastinya memiliki perbedaan kondisi geografis yang menyebabkan terjadinya perbdaan kekayaan sumber daya alam. setiap negara memiliki variasi dalam meproduksi barang atau jasa tergantung dengan sumber daya alam yang dimiliki negara masing-masing.Contohnya Indonesia memiliki kekayaan alam yang melimpah pada sektor kelautan dan gas bumi, tentu hal itu akan sangat berpengaruh bagi perdagangan indonesia ke luar negeri atau sering disebut dengan kegiatan ekspor.
- Belanja berdasarkan tren dan gaya hidup
Tren dan gaya hidup bisa menjadi salah satu faktor yang mendorong terjadinya perdagangan sosial, ada orang yang menyukai produk fashion yang mermerek ternama luar negeri daripda produk dalam negeri. jika banyak orang yang memiliki tren serupa, fashion akan menjadi kebutuhan dan dicari banyak orang, karen negara tersebut perlu mengimpor produk fashion tersebut dari luar negeri yang dimaksud.
- Ekspansi pasar untuk perbesar keuntungan
Salah satu faktor pendorong suatu negara melakukan perdangan internsional adalah ekspansi pasar perbesar keuntungan. ketika membicarakan soal perdagangan tentunya akan ada yang namanya keuntungan dan kerugian.
- Plus minus produk yang dibuat suatu negara
Adakalanya suatu negara melakukan produksi barang tertentu secara bersar besaran karena faktor lain yang mendukung sehingga menimbulkan kelebihan produk.
Sumber :
https://fatihhadii.blogspot.com/2018/10/pemasaran-domestik-ke-pemasaran-global.html
http://lutfistiekia.blogspot.com/2016/04/faktor-faktor-yang-mendorong-pemasaran.html
https://ekonomi.kompas.com/read/2018/03/17/163000426/5-faktor-ini-yang-jadi-pendorong-adanya-perdagangan-internasional?page=all
Komentar
Posting Komentar