Mengatasi Sebuah Konflik
N
Conflict
Resolution
Fajar anugrah
Banyak masalah besar
yang muncul dari sebuah konflik konflik yang kecil/sederhana. Kebanyakan orang
menganggap konflik itu seperti perang, bencana, sebetulnya tidak, karena sebenarnya
konflik itu sendiri timbul karena hal hal yang kecil. Menurut Psikologi konflik
bisa dimulai dari adanya suatu perbedaan, perbedaan pendapat, perasaan tentang
sesuatu hal yang berbeda.
BAGAIMANA
KONFLIK BISA DIKELOLA?
Konflik itu tidak bisa
dihindari tetapi konflik bisa dikelola agar dampak yang ditimbulkan tidak
telalu negative dan dapat memanfaatkan yang maksimal.
BISA
GA SIH KITA DAPAT MANFAAT DARI KONFLIK?
Jawabannya adalah BISA,
karena pada dasarnya semua orang bisa belajar dari situasi yang sulit. Nah jika
sudah bisa menghadapi suatu konflik atau mengelola konflik maka kita bisa naik
level, bisa menghadapi suatu konflik dengan level yang sama/ kerumitan yang
sama dengan lebih cepat dikemudian hari.
Strategi
Managemen Konflik.
Ada dua yang bisa
dipertimbangkan dalam menggunakan strategi managemen konflik, yaitu:
1.
Dengan
siapa kita mempunyai konflik itu
Maksudnya
Seberapa penting sih, orang yang kalian merasa memiliki konflik dengan hidup
anda? Seberapa penting si A dihidup saya.
2.
Seberapa
penting isu konfliknya bagi kita
Maksudnya ketia kita memliki konflik dengan si A ,
sepenting apa si konflik itu? Sepenting apakah konflik itu bagi kehidupan kita.
·
Jika
orangnya tidak penting tetapi isu nya penting
maka strategi yang
harus kita lakukan adalah harus fight supaya kita menang Karena isu yang
menjadi konflik itu sendiri penting untuk diri kita. Contoh konteksnya
adalah: jika kalian mengantre untuk
membeli tiker konser kemudian sepanjang antrean ada orang-orang yang tidak kita
kenal tiba tiba menyelip antrian anda,
isunya penting karena kalian sudah mengantre lama lama untuk menonton konser yang notabene nya
konser artis favorite anda, orang yang mempunyai konflik dengan anda tidak
penting Karena kalian tidak mengenal siapa mereka, dan mereka salah. Maka kalian
harus fight karena kalian benar guys.
·
Jika
orangnya penting tetapi isunya tidak penting
Maka strategi yang
diharus dilakukan adalah ya kalian gapap mengalah saja, contohnya jika kalian memiliki masalah dengan orang yang
memiliki posisi jabatan yang lebih dari anda dalam suatu kerjaan. Contohnya jika
kalian diajak untuk makan siang bersama dengan ibu bos, padahal kalian tidak
lapar. Yasudah kalian gapapa ikuti saja mau atasan anda.
·
Jika
isunya penting dan orangnya penting
Nah
ini yang paling rumit, ada dua strategi managemen konflik yang bisa kalian
ambil. Yaitu
Ø
Kompromi,
kalian berusaha untuk “menang” tetapi pihak a harus mengalah. Jadi ada
negoisasi antara anda dengan pihak a.
Contohnya: jika anda ingin makan
siang di MCD. Tetapi partner kerja anda ingin makan siang di KFC. Maka bentuk
kompromi yang harus dilakukan yaitu dengan cara suit. Biar ga berantem.
Ø
Kolaborasi,
ini lebih sulit karena anda bukan saja harus kompromi dan negoisasi tetapi
harus mendapatkan solusi tetapi semuam pihak menerima dengan senang.
Contohnya: anda mempunyai deadline
suatu projek dan perlu approve dari bos, tetapi bos nya sangat sibuk dan sulit
untuk di temui, yang anda harus coba lakukan adalah bagaimana supaya deadline anda untuk keputusan itu cepat
diselesaikan dan bos juga tidak merasa meluangkan waktu yang banyak untuk
mengambil keputusan. Cara nya yaitu dengan anda menyediakan informasi yang
lengkap, serta pilihan pilihan keputusan yang sebaiknya diambil. Jadi bos tidak harus banyak berfikir keputusan
mana yang sangat baik diambil karena sudah direkomendasikan oleh anda.
Gunanya Konflik di kehidupan anda,
apa sih?
Apa kah konflik bisa membuat kita
menjadi manusia yang lebih hebat?
Konflik
dalam hidup sangat lah penting, Karen dari sebuah konflik kita dapat belajar
untuk
lebih hati-hati dalam mengambil sebuah tindakan. Dari sebuah konflik kita bisa
naik
kelevel selanjutnya dan kita bisa menadi lebih hebat dari versi kita sebelumnya
Semua
orang harus bisa mengatasi konflik di level tertentu, kalua tidak
maka
dia tidak akan bisa berfungsi secara normal, secara professional dan secara social.
ketrampilan
yang akan tumbuh jika kita bisa mengelola sebuah konflik, yaitu:
a.
Complex
problem
b.
People
management
c.
Coordinating
with others
Sumber
: Inspigo. Fajar Anugrah (Conflict Resolution)
Komentar
Posting Komentar