Manajemen Pemasaran Era Revolusi Industri

Image result for logo gundar


Manajemen Pemasaran Era Revolusi Industri









Nama : Dina Olyvia S
kelas  : 4EA17
NPM  : 12216079

A.1. Jelaskan aspek dan pendekatan analisis faktor-faktor budaya ! 
          Jawab :
      Aspek dasar dari budaya para antropologi memiliki kesamaan pendapat mengenai 3 karakteristik budaya, yaitu:
  • Budaya bukan pembawaan sejak lahir melainkan dipelajari
  • Berbagai bentuk budaya saling berhubungan (kalau salah satu aspek budaya tersentuh, yang lain ikut terpengaruh)
  • Dimiliki bersama oleh anggota kelompok dan menjadi pembatas antara kelompok yang berbeda, bagi pemasar internasional, pencarian budaya universal merupakan orientasi yang bermanfaat.
     Budaya merupakan tingkah laku yang dipelajari, yang diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya, sulit bagi seseorang dari luar kalangan yang tidak berpengalaman atau tidak terlatih untuk memahaminya. menjadi seorang manajer global berarti bagaimana menyingkirkan asumsi-asumsi budaya. 
          Budaya Universal adalah modus tingkah lakuyang ada dalam setiap budaya. sejauh aspek lingkungan budaya bersifat universal bukannya unik. para pemasar internasional dapat melakukan standarisasi berbagai aspek program pemasarannya seperti rancangan produk dan komunikasi, yang merupakan dua unsur pokok dalam program.
           Pendekatan analisis faktor-faktor budaya alasan mengapa faktor-faktor budaya merupakan tantangan bagi pemasar global adalah semua ini tidak mudah terlihat. dalam mencari budaya universal, suatu teori yang amat berguna mengenai motivasi manusia dikembangkan oleh Maslow. Maslow membuat hipotesis bahwa keinginan manusia dapat tersusun menjadi kenutuhan potensi relatif berjenjang. Setelah kebutuhan "yang lebih rendah" terpenuhi, kebutuhan lain atau yang lebih tinggi akan segera muncul untuk mendominasika individu tersebut. 

2. Jelaskan Negoisasi, produk industri dan konsumen!
             Jawab:
           Negoisasi adalah suatu bentuk interaksi sosial antara beberapa pihak yang bertujuan untuk mencapai kesepakatan bersama yang dianggap menguntungkan pihak-pihak yang bernegoisasi. orang yang melakukan kegiatan negoisasi disebut Negosiator.
        Setiap kegiatan negoisasi pasti ada tujuan yang ingin dicapai oleh pihak-pihak yang bernegoisasi, adapun tujuan negoisasi adalah sbb:
  • Untuk mencapai suatu kesepakatan yang dianggap menguntungkan semua pihak
  • Untuk menyelesaikan suatu masalah dan menemukan solusi dari masalah yang tengah dihadapi pihak-pihak yang bernegoisasi.
  • Untuk mencapai suatu kondisi yang saling menguntungkan bagi pihak-pihak yang bernegoisasi dimana semuanya mendapatkan manfaat (win-win solution).
        Produk industri adalah barang atau jasa yang dapat diperjualbelikan. dalam marketing, produk adalah apapun yang bisa ditawarkan ke sebuah pasar dan bisa memuaskan sebuah keinginan atau kebutuhan. biasanya produk industri biasanya barang-barang yang dibeli oleh produsen atau perusahaan yang nantinya akan dijual kembali. Contohnya yaitu:
  • bahan dan suku cadang adalah barang-barang yang seluruhnya digunakan untuk membuat barang jadi. misalnya: minyak bumi untuk membuat bensin, kapas untuk membuat kain.
  • Barang modal adalah barang-barang yang sebagian termasuk hasil barang jadi akhir. barang ini terdiri dari sbb yaitu: Instalasi, misalnya meskin komputer, Perlatan tambahan misalnya alat pengangkut.
  • Perbekalan dan Pelayanan adalah kedua jenis barang ini tidak termasuuk kedalam jenis barang jadi akhir. perbekalan misalnya, minyak pelumas, batu bara, pita mesin tik, dll.
       Produk Konsumen adalah produk yang dibeli untuk tujuan dipakai sendiri dan bukan untuk dijual maupun diproses lagi. barang konsumsi dibagi kedalam:
  • Convenience Good adalah barang kebutuhan sehari hari seperti beras, minyak, gula, sabun dll.
  • Shopping Goods adalah barang yang dibeli untuk sebagai pelengkap hiburan seperti TV, mobil, sedan, radio dll
  • Speciality Goods adalah barang khusus untuk hiasan dan cindera mata seperti: kalung, cincin, gelang, giwang, jam dll.
  • Unsought Goods adalah barang yang diketahui konsumen, tetapi secara normal konsumen tidak berfikir untuk membelinya seperti tanah kuburan, batu nisan dll
  • Knowledge Goods adalah barang yang digunakan untuk kebutuhan ilmu pengetahuan seperti buku, koran, majalah, pc dll

3. buatlah routemap dari tema lingkungan sosial budaya dan manfaatnya dalam negoisasi bisnis!
          Jawab:
          Routemap lingkungan sosial budaya adalah metode pengendalian distribusi ulang jalur-jalur antara domain routing tentang sosial budaya. contoh rotemap:

Image result for route map dari tema lingkungan sosial budaya

           Manfaat routemap bagi negoisasi bisnis adalah agar memiliki pemahaman yang lebih baik dari harapan dan perilaku pelanggan, kemmapuan untuk mengukur nilai pelanggan kepada perusaan, menurunkan akuisisi pelanggan dan biaya, kemampuan untuk berinterkasi dan berkomunikasi dengan pelanggan dinegara-negara dimana akses ke saluran tradisional terbatas. 





B.1. Jelaskan hukum internasional, organisasi kawasan, lisensi dan antitrust!
        Jawab:
         Hukum internasional adalah hukum yang berlaku di dua negara atau lebih yang mengatur tentang aktivitas berskala internasional. Hukum internasional merupakan hukum antar Negara atau bangsa yang menunjukan pada kompleks asas dan kaedah yang mengatur hubungan antar masyarakat bangsa-bangsa atau Negara.
             Terdapat 2 macam hukum Internasional diantaranya yaitu:
  • Hukum Publik Internasional merupakan hukum internasional yang mengatur antara negara yang satu dengan lainnya dalam hubungan internasional.
  • Hukum Perdata Internasional merupakan hukum internasional yang mengatur antara warga negara pada suatu negara dengan warga negara yang berasal dari negara lain.
          Organisasi Kawasan adalah Organisasi Internasional (OI) yang beranggotakan beberapa negara dan mencakup bedan geopolitik yang operasinya tidak memandang batas negara-bangsa. keanggotaannya ditentukan oleh batas geografi tertentu seperti benua dan batas geopolitik seperti blok ekonomi. organisasi kawasan didirikan untuk mendoron kerja sama dan integrasi politik dan ekonomi atau dialog antarnegara atau antar lembaha dalam suatu wilayah geografis atau geopolitik tertentu. organisasi ini menggambarkan pola pembangunan dan sejarah yang muncul sejak akhir perang dunia ii serta fragmentasi di dalam globalisasi.
             Lisensi adalah pemberian izin, hal ini termasuk dalam sebuah perjanjian, pemberian izin dari pemilik barang/jasa kepada pihak yang menerima lisensi untuk menggunakan barang atau jasa yang lisensikan.                        Macam macam Lisensi yaitu:
  • Lisensi atas hak kekayaan intelektual, lisensi hak intelektual biasanya memiliki beberapa pasal/bagian didalamnya(teority), pembaruan (renewal), dan syarat-syarat lain yang ditentukan oleh pemilik lisensi.
  • Lisensi Masal, lisensi masal 
  • Lisensi merek barang/jasa, pemilik barang atau jasa dapat memberikan izin (lisensi) kepada individu atau perseorangan agar indivudi atau perseroan tersebut dapat mendistribusikan (menjual) sebuah produk atau jasa dari pemilik barang atau jasa, dibawah sebuah merek dagang.
  • lisensi Bidang pendidikan
          Anti Trust adalah hukum atau Undang-Undang "Antipakat" atau gukum Undang-Undang persaingan, merupakan peraturan melawan kebiasaan dagang yang merendahkan persaingan atau dianggap tidak adil. istilah antitruat diambil dari hukum Amerika Serikat yang awalnya dibuat untuk memerangi bisnis Trust- sekarang umum dikenal sebagai kartel.

2. berikan contoh perusahaan yang mendapatkan lisensi negara atau lembaga asing!
            Jawab
  •  Perusahaan dibidang kuliner yaitu McDonald's 
         Setelah resmi mendapat lisensi Mcd di Indonesia, PT Rekso Nasional Food berencana membuka lebih dari 75 gerai restoran baru dalam 5 tahun mendatang. Pt Rekso yakin hubungan baru ini akan memberikan untung yang besar karena lisensi ini. 

  •  Perusahaan dibidang fashion yaitu H&M
  •  Perusahaan dibidang Fashion yaitu Uniqlo
  •  Perusahaan dibidang kuliner Starbucks


Sumber Artikel:





























Komentar

Postingan populer dari blog ini

Koperasi Simpan Pinjam Sehati Makmur Abadi

Analisa Data "Koperasi Simpan Pinjam Sehati Makmur Abadi"

tugas PKTI 1C